Kota Tangerang, asaterkini.id- Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM menggencarkan sosialisasi gerakan cinta produk UMKM atau Bangga Buatan Indonesia (BBI) kepada generasi muda.
Dalam kegiatan tersebut Pemkot Tangerang menghadirkan ratusan siswa-siswi Kota Tangerang untuk menanamkan kecintaan pada produk lokal dan mengenalkan potensi UMKM daerah kepada Generasi Z (Gen Z)
Sekretaris Daerah Kota Tangerang, Herman Suwarman, yang membuka acara tersebut di Aula Al-Amanah, Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, pada Selasa (22/4/2025) menekankan
peran strategis Gen Z dalam memajukan UMKM lokal di era digital sangat penting.
Baca juga: Pendaftaran Paskibraka Kota Tangerang 2025 Dibuka, Ini Syaratnya
“Generasi Z tumbuh besar dengan teknologi digital. Kedekatan mereka dengan dunia maya adalah potensi besar bagi UMKM kita. Mereka bisa menjadi duta digital yang efektif untuk mempromosikan dan meningkatkan daya saing produk-produk UMKM Kota Tangerang,” ujarnya.
Herman juga mengakui tantangan persaingan dengan produk luar negeri yang semakin mudah diakses melalui platform digital.
“Kemudahan berbelanja online memang menjadi tantangan. Oleh karena itu, sosialisasi ini penting agar anak-anak kita mengenal, memahami, dan memiliki preferensi terhadap produk lokal, khususnya produk khas Kota Tangerang,” paparnya.
Baca juga: Pemkot Tangerang Kembali Raih WTP Dari BPK RI Banten
Pemerintah Kota Tangerang, tutur Herman, terus berkomitmen untuk mendukung eksistensi produk lokal melalui berbagai upaya, termasuk melibatkan generasi muda.
“Kita akan berupaya bersama agar produk-produk unggulan Kota Tangerang tetap berjaya melalui kreativitas dan jangkauan generasi muda,” paparnya
Hadirkan Produk UMKM ke Sekolah
Selain itu, tambahnya, Pemkot Tangerang juga sedang merancang inovasi pemasaran UMKM yang menyasar lingkungan sekolah.
Baca juga: 12 UMKM Kota Tangerang Tampilkan Produknya di Ajang Pameran Asia Tenggara “INACRAFT” di Jakarta
“Ke depan, kita bisa menghadirkan produk-produk UMKM Kota Tangerang di sekolah-sekolah melalui konsep Pojok UMKM atau berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan dalam berbagai acara sekolah,” ungkapnya.
Tujuannya kata Herman, agar UMKM semakin dekat dengan dengan masyarakat, khususnya generasi muda. (CS)