Bandara Soekarno Hatta, asaterkini.id – Bandara Internasional Soekarno-Hatta meraih penghargaan prestisius dalam ajang Airport Service Quality (ASQ) Awards 2024 yang diselenggarakan oleh Airports Council International (ACI).
Penghargaan berupa Best Airport over 40 Million Passengers in Asia-Pacific itu diberikan, karena sebagai bandara terbesar dengan jumlah penumpang tersibuk di Indonesia, Bandara Soekarno-Hatta mampu bersaing dan sejajar dengan bandara-bandara utama lainnya di berbagai negara, serta menjadi salah satu yang terbaik di Asia Pasifik.
Menurut General Manager PT Angkasa Pura Indonesia KC Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Dwi Ananda Wicaksana, pengakuan itu diperoleh melalui penilaian yang dilakukan dalam ASQ Awards 2024, dimana airport experience menjadi faktor utama dalam menentukan kualitas layanan bandara.
Baca juga: Perkuat Aspek Hukum, Bandara Soetta Jalin Kerjasama Dengan Kejari Kota dan Kabupaten Tangerang
ASQ Awards, lanjutnya, merupakan program penilaian global yang mengukur pengalaman pengguna jasa di bandara berdasarkan survei langsung yang dilakukan di seluruh dunia.
Dengan adanya penghargaan itu, kata Dwi Ananda Wicaksana, menunjukkan bahwa peningkatan layanan yang dilakukan di Bandara Soekarno-Hatta telah memberikan dampak positif bagi kepuasan pengguna jasa.
“Penghargaan ini tentunya menjadi bukti nyata bahwa Bandara Soekarno-Hatta terus berkembang untuk memberikan pengalaman terbaik bagi penumpang,” ujar Dwi Ananda Wicaksana melalui keterangan resminya yang dikutip pada Kamis (13/3/2025).
Baca juga: Pekan Akhir Jabatannya, Pj Wali Kota Tangerang Minta ASN dan Masyarakat jaga Hasil Pembangunan
Itu terjadi, Tambahnya, karena Bandara Soekarno Hatta telah melakukan transformasi dan berbagai peningkatan, mulai dari pengembangan infrastruktur, optimalisasi operasional berbasis ekosistem dan peningkatan kualitas layanan pelanggan.
10 Bandara Yang Dikelola InJourney Airports Raih 27 Penghargaan
Dwi Ananda Wicaksana juga menjelaskan, dengan diperolehnya penghargaan tersebut, tentunya dapat meningkatkan komitmen pihaknya dalam memberikan pelayanan terbaik dan menghadirkan pengalaman perjalanan yang nyaman bagi para penumpang.
“Kami berkomitmen untuk terus melakukan inovasi pelayanan untuk meningkatkan dan kenyamanan penumpang di bandara,’ paparnya.
Baca juga: Luar Biasa, Pemprov Banten Raih Skor 91,8 Program Pengendalian Gratifikasi KPK RI
Mengingat dengan adanya perubahan dan peningkatan fasilitas, dapat memberikan pengalaman yang lebih baik bagi seluruh pengguna jasa.
Lebih jauh Dwi Ananda Wicaksana menegaskan, dengan diperolehnya penghargaan itupula, tentu dapat meningkatkan reputasi Bandara Soekarno Hatta sebagai gerbang utama Indonesia yang berstandar internasional.
Selain Bandara Soekarno Hatta, imbuhnya, penghargaan juga diberikan kepada beberapa bandara lainya di bawah pengelolaan InJourney Airports.
“Jadi, penghargaan dalam ASQ Awards 2024 itu juga diberikan kepada bandara lainnya, seperti Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, dan Bandara Internasional Yogyakarta,” ungkapnya.
Secara keseluruhan, kata Dwi Ananda Wicaksana, 10 bandara yang dikelola InJourney Airports meraih total 27 penghargaan. Itu terjadi karena komitmen yang tinggi dari perusahaan dalam meningkatkan layanan di seluruh bandara bandara yang dikelolanya.(CS)