Bandara Soekarno Hatta, asaterkini.id— Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) meraih penghargaan 2024 Airport Service Quality (ASQ) Award untuk kategori Best Airport over 40 Million Passengers in Asia-Pacific di Guangzhou, China, Kamis (10/9/2025).
Penghargaan bergengsi dari Airports Council International (ACI) World itu sebagai bentuk pengakuan atas kualitas layanan bandara.
General Manager Kantor Cabang Bandara Internasional Soekarno-Hatta Heru Karyadi melalui keterangan resminya, Kamis (11/9/2025) mengatakan, ASQ Award merupakan program global ACI World yang berbasis survei kepuasan penumpang di seluruh dunia. Penghargaan itu, lanjutnya, sebagai bukti nyata pengakuan internasional terhadap pelayanan yang baik kepada penumpang.
Baca juga: Jamaah Haji Kota Tangerang Hari Ini Tiba di Asrama Haji Cipondoh
PT Angkasa Pura Indonesia Kantor Cabang Bandara Internasional Soekarno-Hatta, tambah Heru, menerima penghargaan tersebut secara resmi dalam seremoni penganugerahan pada 10 September 2025 di Guangzhou, China, yang merupakan bagian dari rangkaian Airport Experience Summit pada 8–11 September 2025.
Heru menjelaskan sebagai bandara terbesar PT Angkasa Pura Indonesia (InJourney Airports), Bandara Internasional Soekarno-Hatta melayani lebih dari 40 juta penumpang setiap tahunnya.
Pencapaian itu menegaskan posisi Bandara Soekarno-Hatta di kancah global sekaligus memperkuat reputasi serta meningkatkan kepercayaan publik terhadap kualitas layanan dan fasilitas yang terus meningkat.
Baca juga: Gubernur Banten: Pengelolaan APBD Harus Dirasakan Langsung Oleh Masyarakat
Raihan tersebut, sambung Heru, mencerminkan keberhasilan transformasi layanan yang melalui berbagai inisiatif peningkatan fasilitas dan fokus pada kepuasan pelanggan. Program strategis yang mendukung capaian ini antara lain beautifikasi Terminal 3, rebalancing operasional terminal untuk meningkatkan kenyamanan penumpang, serta pengembangan digitalisasi layanan yang semakin memudahkan pengguna jasa bandara.
“Penghargaan ini adalah hasil kerja keras dan dedikasi seluruh insan Bandara Soekarno-Hatta dalam memberikan pelayanan terbaik kepada penumpang. Kami berkomitmen untuk terus menghadirkan pengalaman terbaik dan meningkatkan layanan sesuai dengan harapan masyarakat,” tandasnya.
Perkuat Kolaborasi
Heru Karyadi mengatakan penghargaan ini sekaligus menjadi motivasi untuk terus menjaga standar layanan dan memperkuat kolaborasi. “Kami akan melanjutkan berbagai program transformasi dan inovasi agar Bandara Soekarno-Hatta mampu memberikan layanan kelas dunia yang membanggakan Indonesia, dengan dukungan penuh dari seluruh pemangku kepentingan,” tuturnya.
Baca juga: Walikota Tangerang Sachrudin Berkunjung ke Sejumlah Penyembelihan Hewan Kurban
Menurut Heru, prestasi ini tidak terlepas dari dukungan seluruh stakeholder (pemangku kepentingan), mulai dari regulator, maskapai, mitra kerja, komunitas bandara, hingga masyarakat. Manajemen Bandara Soekarno-Hatta menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas sinergi yang terjalin, serta berharap penghargaan ini dapat menjadi momentum untuk terus meningkatkan kualitas layanan di masa mendatang. (CS)