Bandara Soekarno Hatta, asaterkini.id – PT Angkasa Pura Indonesia Kantor Cabang Bandara Internasional Soekarno-Hatta kembali mencatatkan prestasi terbaiknya di kancah internasional.
Kali ini bandara tersebut berhasil meraih penghargaan dalam Skytrax World Airport Awards yang diumumkan pada Passenger Terminal Expo 2025 di Madrid, Spanyol, pada 9 April 2025, dengan naik peringkat di posisi 25 dalam kategori World’s Top 100 Airports 2025, yang sebelum berada di peringkat 28.
Peningkatan peringkat itu, mencerminkan apresiasi dunia terhadap upaya transformasi yang dilakukan Bandara Soekarno-Hatta dalam memberikan layanan terbaik kepada para pengguna jasa.
Baca juga: Pemkot Tangerang Gelontorkan Dana Hibah Rp1,5 M Untuk Operasional Haji
Selain itu, dalam kategori berdasarkan jumlah penumpang, Bandara Soekarno-Hatta juga
menduduki peringkat ke-3 dalam Best Airports 2025 by Size (50 to 60 Million Passengers), serta
menempati posisi ke-9 dalam kategori Best Airports in Asia 2025.
Pencapaian tersebut, tentunya menjadi bukti nyata bahwa Bandara Soekarno-Hatta terus konsisten dalam menjaga kualitas dan kenyamanan layanan dengan melayani jumlah penumpang yang sangat besar.
Capaian positif lainnya ditunjukkan melalui keberhasilan Bandara Soekarno-Hatta meraih status
Certified 4 Star Airport Rating 2025.
Baca juga: Bupati Tangerang Janji Akan Tambah TPS di Setiap Lingkungan Masyarakat
Pencapaian ini menandai peningkatan signifikan setelah sebelumnya mempertahankan predikat 3 Star Airport sejak tahun 2013.
Tak hanya itu, dari sisi pelayanan, Bandara Soekarno-Hatta juga mencatatkan kinerja positif dengan meraih dua penghargaan penting lainnya, yakni peringkat ke-10 dalam kategori Best Airport Staff in Asia 2025, serta posisi ke-10 dalam World’s Best Airport Immigration Services 2025.
Komitmen Tingkatkan Kualitas Layanan
Prestasi ini tidak lepas dari peran para petugas yang terus mengedepankan profesionalisme dan semangat melayani sepenuh hati.
Baca juga: MUI Banten Keluarkan Fatwa Donor Darah Tidak Membatalkan Puasa
Seluruh penghargaan itu merupakan buah dari transformasi yang dilakukan secara menyeluruh
oleh Bandara Internasional Soekarno-Hatta dalam beberapa tahun terakhir.
Transformasi ini mencakup pengembangan infrastruktur berfokus pada peningkatan pengalaman pelanggan (Premises), digitalisasi proses operasional bandara melalui pendekatan berbasis ekosistem
(Process), peningkatan kompetensi dan hospitality seluruh personel (People), serta pemanfaatan
teknologi sebagai enabler dari seluruh aspek layanan kebandarudaraan.
General Manager PT Angkasa Pura Indonesia Kantor Cabang Bandara Internasional Soekarno Hatta, Dwi Ananda Wicaksana, menyampaikan bahwa pencapaian ini merupakan hasil nyata dari
komitmen seluruh pihak dalam melakukan transformasi menyeluruh di Bandara Soekarno-Hatta.
“Kami bersyukur atas apresiasi Skytrax World Airport Awards terhadap kinerja dan layanan yang
kami hadirkan. Ini menunjukkan bahwa langkah-langkah perbaikan dan perubahan yang kami
tempuh selama ini telah memberikan hasil yang signifikan,” ujar Dwi Ananda.
Lebih lanjut Dwi Ananda menegaskan bahwa di bawah pengelolaan PT Angkasa Pura Indonesia,
Bandara Soekarno-Hatta akan terus menghadirkan layanan terbaik bagi para pengguna jasa.
“Prestasi ini memperkuat komitmen kami untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan operasional secara berkelanjutan,” paparnya.
Bandara Berkelas Dunia
Komitmen ini, lanjutnya, untuk menjadikan Bandara Internasional Soekarno-Hatta sebagai bandara berkelas dunia yang menjadi kebanggaan Indonesia.
Sebagai informasi, Skytrax World Airport Awards merupakan penghargaan bergengsi di industri
kebandarudaraan global.
Bandara terbaik versi Skytrax dipilih berdasarkan survei terhadap lebih dari 13 juta pengguna jasa penerbangan dari lebih 100 negara, yang mengevaluasi 565 bandara di seluruh dunia selama periode Agustus 2024 hingga Februari 2025.
Survei ini mencakup berbagai aspek layanan mulai dari check-in, kenyamanan ruang tunggu, keamanan, fasilitas, hingga kualitas pelayanan staf.(CS)